Manfaat Biji & Daun Teratai

Rempah

Tuesday, 21 September 2021

Biji teratai memiliki manfaat penting bagi kesehatan tubuh, khususnya kandungan protein nabati di dalamnya. Menurut kebudayaan Tionghoa, biji dan daun teratai memiliki manfaat dalam pengobatan tradisional. Beberapa manfaat baik biji dan daun teratai untuk kesehatan tubuh:


1. Biji Teratai

Kandungan baik dari biji teratai diantaranya kalsium, karbohidrat, serat makanan, energi, magnesium, mangan, folat, seng, kalium, protein, dan bebas gluten. Selain dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional, biji teratai dapat dijadikan camilan sehat, teh herbal, dan tambahan bumbu alami pada masakan. Rasa dari biji teratai sedikit manis yang bersifat astringen. Biji teratai kering dalam 100 gram mengandung 64% karbohidrat, 15% protein, dan 14% air. 

• Mengobati insomnia dan apnea

Mengalami gangguan tidur, jika dibiarkan akan berpengaruh pada kesehatan tubuh baik secara fisik maupun psikis. Konsumsi biji teratai dapat bermanfaat dalam mengatur pola tijdur yang tidar teratur serta meredakan masalah kesehatan yang memicu timbulnya insomnia. Cara kerja biji teratai dengan menyembuhkan pikiran tertekan dan rasa gelisah yang berlebihan.

Pada dasarnya, biji teratai memberikan sifat basa yang bermanfaat sebagai obat alami dalam menenangkan kegelisahan secara berlebihan. Selain untuk mengobati insomnia dan apnea, biji teratai bermanfaat untuk meredakan kesehatan mental (stres, depresi).

• Memperlambat proses penuaan

Nutrisi pada biji teratai bermanfaat dalam mengembalikan kadar protein di kulit sehingga terlihat awet muda, memudarkan keriput, dan mengangkat sel kulit mati. Tingginya kandungan enzim pada biji teratai dapat membantu meringankan gejala penuaan dini. 

• Menjaga tekanan darah

Tanda bahwa tekanan darah tinggi yaitu adanya penuruan berat badan mendadak, kelelahan, peningkatan buang air kecil, dan kualitas energi menurun. Biji teratai mengandung alkaloid antispasmodic dan isoquinoline yang dapat membantu memperlebar pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah. Kalium pada biji teratai dapat membantu menjaga kadar gula darah agar menjadi tetap sehat. Cara kerja bijij teratai dengan menghalangi penyerapan lemak yang berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi. 

• Menyehatkan jantung

Kandungan magnesium, natrium, dan mangan pada biji teratai sangat bermanfaat untuk memberikan nutrisi dalam menjaga kesehatan jantung. Kandungan magnesium pada teratai dapat menjaga kesehatan jantung, meningkatkan tekanan darah, dan mencegah terjadinya obesitas serta diabetes. Rutin konsumsi biji teratai akan membuat aliran darah koroner menjadi lancar dan mengurangi naiknya tekanan darah. 

• Menjaga kesehatan perut

Vitamin dan mineral pada biji teratai dapat mengobati diare dan gangguan pencernaan lainnya. Biji teratai bermanfaat untuk memperkuat sistem pencernaan agar kesehatan perut tetap terjaga. Rasa manis pada biji teratai bermanfaat untuk memberikan nutrisi diare limpa sehingga mengurangi sakit di pencernaan. Kandungan serat yang tinggi pada biji teratai berperan dalam membantu meningkatkan proses pencernaan sehingga terhindar dari sembelit. 

• Menyembuhkan peradangan dan infeksi

Biji teratai dapat menyembuhkan luka (kemerahan, pembengkakan) dan menghentikan penyebaran infeksi pada tubuh sehingga 

• Memberikan energi instan

Rutin konsumsi biji teratai dapat bermanfaat dijadikan sebagai penambah energi atau kebugaran tubuh. Biji teratai merupakan sumber alami bagi tubuh untuk mendapatkan kalium, magnesium, protein, dan fosfor. 


2. Daun Teratai

Rasa dari daun teratai sedikit pahit, tapi memiliki banyak manfaat bagi keshetana tubuh, khususnya dalam membantu hati agar tetap sehat. 

• Mengontrol pendarahan (hemostatik)

Daun teratai memiliki sifat astringen yang dapat membantu dalam pendarahan internal. Selain itu, daun teratai dapat mengobati berbagai kondisi seperti muntah darah, darah dalam urin, dan mencegah perdarahan menstruasi berlebih. Selain itu, kandungan flavonoid dan quercetin pada daun teratai dapat berfungsi sebagai antihemoragik (anti pendarahan) yang hebat.

• Menurunkan berat badan

Daun teratai bermanfaat untuk mencegah penyerapan lemak dan karbohidrat. Kondisi ini akan mengurangi jumlah lemak yang disimpan oleh tubuh sehingga berat badan menjadi lebih stabil. Selain itu, daun teratai juga mengandung L-Karoten, yang memiliki kemampuan dalam meningkatkan metabolisme tubuh dengan tujuan membantu pelepasan kelebihan berat badan. Kandungan vitamin B1, C, dan kafein dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga membantu dalam melarutkan penumpukan lemak perut. 

• Tinggi vitamin C

Vitamin C bermanfaat bagi tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi tekanan darah, melawan serangan penyakit (flu, demam, batuk) dan meningkatkan suasana hati. Selain itu, kandungan vitamin C pada daun teratai sebanyak 75% yang dapat direkomendasikan untuk tubuh manusia. 

• Menurunkan risiko kanker prostat

Prostat adalah kelenjar kecil yang terletak di bagian dasar kandung kemih. Prostat berfungsi sebagai penghasil semen yang dikeluarkan bersama sperma saat ejakulasi. Kesehatan prostat harus tetap terjaga, oleh karena itu konsumsi daun teratai karena mengandung mineral yang sangat baik untuk mencegah terjadinya kerusakan atau kanker prostat. 


Cara mengonsumsi biji dan daun teratai dengan merebus sebanyak 5-12 gram sampai airnya berubah warna. Perlu diketahui bahwa segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tidaklah baik. Jadi, konsumsilah biji dan daun teratai sesuai dengan kebutuhan. (litaarny)



Share
Copy Link