Apa itu Chinese Yam?

Rempah

Friday, 11 June 2021

Chinese yam atau ubi China merupakan tanaman yang berasal dari Asia yang dijadikan sebagai pengobatan tradisional. Apa saja manfaat baik dari Chinese yam bagi tubuh?


Ubi China (Dioscorea polystachya) mengandung allatonin yang bermanfaat dalam mempercepat pertumbuhan jaringan sehat dan mengurangi waktu penyembuhan. Beberapa manfaat chinese yam untuk kesehatan tubuh: 


Memperkuat Limpa dan Lambung

Kandungan amilase, polifenol oksidase dapat membantu mengatasi masalah limpa dan lambung. Jika limpa mengalami permasalahan, maka akan membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh seperti mengalami pembengkakan (splenomegali) akibat adanya penumpukan sel darah merah. Pada dasarnya, limpa berfungsi untuk membersihkan sel darah merah yang tua atau rusak, menyimpan cadangan darah, membantu proses penyaringan darah, menghasilkan sel darah putih, dan memproduksi antibody. 


Tidak hanya itu, chinese yam juga dapat mengatasi lambung yang bermasalah atau gastritis dengan gejala seperti nyeri di bagian ulu hati, kembung, mual, muntah, berkurangnya nafsu makan, dan penurunan berat badan.  

Memberikan Nutrisi Ginjal

Ketika fungsi ginjal terganggu, maka zat buangan dan cairan akan menumpuk di dalam tubuh yang menyebabkan timbulnya gejala seperti pembengkakan pergelangan kaki, sulit tidur, mudah cemas, sesak nafas, kulit kering, perubahan frekuensi buang air kecil (BAK), nafsu makan berkurang, air seni berdarah dan berbusa. Chinese yam mengandung allantonin yang dapat mencegah terjadinya infeksi ginjal. Kandungan allantonin pada chinese yam bermanfaat dalam mempercepat pertumbuhan jaringan sehat di dalam tubuh, salah satunya memberikan nutrisi ke ginjal. 


Menurunkan Gula Darah

Kandungan protein pada chinese yam sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, khususnya dalam menurunkan kadar gula darah. Kondisi menumpuknya kadar gula yang tidak terserap tubuh akan menimbulkan terjadinya komplikasi lainnya sebab adanya ketidakmampuan dalam mengatur konsentrasi glukosa.  


Menutrisi Paru-Paru

Paru-paru berfungsi untuk memompa oksigen ke seluruh pembuluh darah agar dapat dialirkan ke seluruh tubuh dan menjalankan fungsi organ lainnya. Kandungan saponin pada chinese yam bermanfaat sebagai pelumas dan melembabkan bagian paru-paru sehingga tidak mengalami gangguan pernapasan seperti batuk kronis, batuk berdahak.


Cara mengonsumsinya dengam ambil chinese yam sebanyak 15-30 gram (direbus atau sebagai tambahan bahan masakan) setiap sehari sekali. Perlu diketahui bahwa segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tidaklah baik. Jadi, konsumsilah chinese yam sesuai dengan kebutuhan. (litaarny)



Share
Copy Link