Gaya Hidup Sehat Bumil

Kehamilan dan Kesuburan

Wednesday, 18 August 2021

Gaya hidup sehat ibu hamil dimulai dengan mengonsumsi asupan nutrisi yang tepat selama mengandung. Jaga kesehatan tubuh akan membantu ibu hamil merasa nyaman dan aman di masa kehamilan. Beberapa gaya hidup sehat yang baik dilakukan oleh ibu hamil:


Makanan Bernutrisi

Ibu hamil pada trimester pertama membutuhkan 180 kalori lebih banyak setiap harinya. Jika sudah menginjak kehamilan trimester kedua sampai terakhir, maka ibu hamil perlu menambahkan asupan nutrisi sebanyak 300 kalori setiap harinya. Selain itu, ibu hamil disarankan untuk menghindari makanan mentah, pasteurisasi, telur, makanan laut, serta kafein (kopi, teh, minuman soda). Baiknya, ibu hamil memerlukan lebih banyak asupan protein, vitamin, dan mineral. Asupan nutrisi yang disarankan:

  • karbohidrat sebanyak 8-10 porsi (kentang, singkong, gandum, nasi merah)
  • protein 40-70 gram (kacang, ikan, daging tanpa lemak, susu, tahu, tempe)
  • zat besi 27 mg (sayuran hijau seperti brokoli, kacang-kacangan)
  • asam folat 400 mcg (alpukat, pepaya, bayam, kuning telur)
  • serat sebanyak 200-450 gram yang berasal dari sayuran
  • vitamin sebanyak 350 gram yang berasal dari buah
  • kalsium sekitar 3 gelas per hari (susu kedelai atau susu sapi)


Ada beberapa asupan makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan selama masa kehamilan seperti ikan tuna, ikan makarel, dan ikan pedang, sebab mengandung tinggi merkuri. 


Rutin Olahraga

Olahraga disaat hamil merupakan rutinitas baik yang dilakukan untuk menunjang pola hidup sehat. Fungsi olahraga disaat hamil diantaranya dapat melancarkan sirkulasi darah dan oksigen, memperkuat otot, mendukung kecerdasan bayi di dalam kandungan, serta mengurangi tingkat stres bagi ibu hamil. Olahraga yang baik dilakukan selama masa kehamilan, seperti:

  • jalan cepat yang dapat dilakukan selama 10 menit setiap 3-5 kali per minggu
  • renang selama 30 menit setiap 3-5 kali per minggu
  • yoga atau pilates yang dilakukan setiap hari selama 30 menit


Cukup Minum Air Mineral

Selama masa kehamilan, rutin konsumsi air mineral dapat membantu melancarkan aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh, termasuk ke dalam rahim. Selain itu, dapt mencegah terjadinya dehidrasi, anemia, sembelit, dan infeksi saluran kencing. Dianjurkan untuk konsumsi 8 sampai 10 gelas per harinya. 


Istirahat Cukup

Selama masa kehamilan, kesulitan tidur akan lebih sering muncul karena adanya perubahan hormon yang terjadi. Kurang tidur selama masa kehamilan dapat dikaitkan dengan komplikasi seperti preeklampsia, berisiko lahir caesar dan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) sebesar 29%. Solusinya adalah dengan sering melakukan tidur siang untuk mencukupi waktu tidur. Kebutuhan tidur ibu hamil minimal 1-3 jam (siang) dan 8 jam (malam). Ibu hamil dianjurkan untuk tidur malam lebih lama dari biasanya selama trimester pertama keehamilan. Tujuannya yakni untuk membantu melancarkan proses persalinan dan menjaga kesehatan ibu. 


Cermati dan terapkan gaya hidup sehat agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga sampai proses persalinan. (litaarny)



Share
Copy Link