Gimana Caranya Menjaga Kesehatan Jantung?

Hidup Sehat

Wednesday, 08 September 2021

Selain kanker, ternyata penyakit jantung juga bisa merenggut nyawa seseorang. Penyakit jantung terjadi karena disebabkan adanya masalah dan kelainan pada organ vital sehingga mengalami gangguan. 


Jantung merupakan organ vital yang bekerja tiada henti dalam memompa darah ke seluruh tubuh untuk menunjang kelangsungan hidup. Menjaga kesehatan jantung sudah menjadi kebiasaan sehari-hari seperti menjalani gaya hidup sehat (pola makan, rutin olahraga, dan perbanyak asupan air mineral). Beberapa cara yang lebh spesifik dalam menjaga kesehatan jantung:


1. Hentikan Kebiasaan Merokok

Perokok aktif dan pasif lebih memiliki risiko untuk terkena penyakit jantung koroner. Kondisi ini terjadi karena adanya zat beracun yang dapat merusak pembuluh darah jantung sehingga lama kelamaan aliran darrah menjadi terganggu. Dampaknya yaitu fungsi jantung akan terganggu karena kekurangan oksigen dan nutrisi. 


2. Rutin Lakukan Olahraga

Olahraga ringan seperti jogging, berenang, jalan kaki dapat rutin dilakukan dan baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Waktu yang diperlukan untuk berolahraga dari masing-masing jenisnya sekitar 20-30 menit setiap hari. 


3. Perbanyak Konsumsi Makanan Serat & Ikan

Makanan berserat baik dikonsumsi karena dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Kebutuhan serat bisa didapatkan dari buah, sayuran, gandum, dan kacang-kacangan sekitar 30 gram per hari. Perlu diperhatikan juga untuk tidak mengonsumsi makanan berserat secara berlebihan karena dapat mengakibatkan perut kembung. 


Selain makanan berserat, ikan yang mengandung asam lemak omega-3 juga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung seperti sarden, tuna, atau salmon. Rutinlah konsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega-3 sebanyak dua kali seminggu secara teratur untuk mencukupin kebutuhan tubuh.  


4. Kurangi Konsumsi Lemak Jenuh

Konsumsi makanan berlemak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan kolesterol dalam darah. Kondisi ini akan memiliki potensi terjadinya penyumbatan pembuluh darah jantung. Makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans seperti makanan olahan, margarin, dan produk olahan susu. 


5. Cukup Istirahat

Tidur atau istirahat cukup sangat diperlukan agar dapat meningkatkan kesehatan jantung dan terhindar dari darah tinggi, diabetes dan serangan jantung. Atur dan cukupi waktu tidur sekitar 7-8 jam setiap harinya. 


6. Tetap Jaga Kadar Gula Darah

Tubuh yang memiliki kadar gula darah yang tinggi dapat memicu terkena diabetes dan risiko penyakit jantung. Kondisi ini terjadi karena gula darah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang biasa digunakan untuk mengendalikan jantung serta pembuluh darah. Beberapa cara yang dapat dilakukan agar kadar gula darah tetap stabil yaitu dengan mengganti nasi putih dengan nasi merah dan kurangi asupan gula. Selain itu, selalu rutin cek gula darah, khususnya bagi usia di atas 45 tahun.


Mulai terapkan kebiasaan hidup sehat yang dimulai dari asupan makanan, rutin olahraga ringan, selalu cek kesehatan dan kelola stres agar tetap terkendali. (litaarny)



Share
Copy Link