Sehat & Cantik dengan Jasmine Tea

Rempah

Friday, 07 May 2021

Teh melati atau jasmine tea terkenal dengan aroma yang membuat rileks serta memiliki nutrisi baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat jasmine tea?


Teh melati merupakan jenis minuman yang paling banyak diminati oleh masyarakat karena memiliki aroma menenangkan dengan rasa nikmat. Kandungan jenis afrozidak pada teh melati bermanfaat untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stres. Manfaat lain dari teh melati (jasmine) diantaranya: 


Mengontrol kolesterol

Di dalam tubuh manusia mengandung kolesterol yang bersifat baik dan jahat. Kolesterol jahat dapat memicu penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah. Jika dibiarkan, maka akan memicu timbulnya berbagai penyakit (jantung). Kandungan pada teh melati mampu mengontrol jumlah kolesterol jahat yang ada di dalam darah.


Membantu menurunkan berat badan

Teh melati membantu mempercepat naiknya metabolisme dalam tubuh sebesar 4-5% dan pembakaran lemak 10-16%. Kondisi ini dipengaruhi karena teh melati mengandung antioksidan yang dapat mengobati radang dan mencegah beragam penyakit yang berasal dari paparan radikal bebas. Pembakaran lemak tubuh ini dapat bermanfaat secara maksimal jika diseimbangkan dengan olahraga. 


Memberikan rasa rileks

Menghirup aroma teh melati sudah memberikan ketenangan sehingga stres dapat terkontrol dan ketegangan saraf otot mereda. Tubuh yang rileks akan mempengaruhi kesehatan tubuh menjadi lebih berkualitas dan bugar. Pikiran yang rileks akan menjaga fungsi otak bekerja secara normal sehingga terhindar dari menurunnya masalah memori (alzheimer dan parkinson).


Menjaga kesehatan jantung

Kandungan polifenol pada jantung dapat melindungi kolesterol jahat dari oksidasi sehingga menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Bahaya dari kolesterol jahat yaitu memiliki potensi menempelnya plak pada dinding arteri sehingga bisa mempersempit pembuluh darah. Rutin konsumsi jasmine dapat menurunkan risiko jantung bahkan hingga stroke.


Menunda penuaan dini

Kandungan antioksidan mampu menangkal paparan radikal bebas sehingga membantu mengatasi masalah kerusakan kulit termasuk mencegah kanker kulit. Rutin konsumsi teh melati akan mengurangi timbulnya kerusakan kulit seperti jerawat, kerutan, dan noda hitam.


Mencegah kanker

Teh melati memiliki kandungan antikanker berupa EGCG (Epigallocatechin Gallate) dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas dan zat karsinogenik dalam tubuh. Tidak hanya itu, teh melati mampu mengurangi risiko beberapa jenis kanker payudara dan kanker paru-paru.


Cara mengonsumsinya dengan seduh 1-2 sendok teh melati (jasmine) ke dalam cangkir dan diamkan selama 2-3 menit atau air berubah warna. Manfaat dari teh melati bisa memberikan dampak positif bagi tubuh jika tidak ditambahkan gula. Perlu diketahui bahwa segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tidaklah baik. Jadi, konsumsilah teh melati (jasmine) sesuai dengan kebutuhan. (litaarny)



Share
Copy Link